Strategi Lifecycle Marketing Untuk Mengembangkan Online Shop

Strategi Lifecycle Marketing Untuk Mengembangkan Online Shop

Strategi Lifecycle Marketing Untuk Mengembangkan Online Shop

UknikeoL – Banyak orang memiliki segudang ide untuk memulai bisnis. Awalnya, mereka sangat bersemangat. Modal putus asa dan penentuan istilah. Begitu mereka berjalan, mereka bingung harus berbuat apa. Terutama di bagian strategi bisnis dan pemasaran. Ini sangat berbahaya karena modal tidak bijaksana dan tekad tidak cukup untuk mengembangkan bisnis. Apalagi jika jenis usahanya termasuk usaha kecil. Apakah Anda juga salah satu pelaku bisnis yang kesulitan mengembangkan strategi penjualan dan pemasaran? Maka Anda benar untuk mulai membaca artikel ini. Artikel ini akan membahas fase penting dari pemasaran siklus hidup. Ini akan membantu Anda mengembangkan bisnis Anda dari strategi penjualan dan pemasaran.

Apa Lifecycle Marketing?

Siklus pemasaran, yang lebih dikenal sebagai siklus hidup, mengacu pada kampanye pemasaran dan penjualan yang memenuhi kebutuhan pelanggan. Dalam pemasaran siklus hidup, ada kerangka kerja sederhana yang terdiri dari 3 fase. Setiap pihak memainkan peran penting dalam meningkatkan bisnis. Ada 3 fase Lifecycle Marketing meliputi:

  • Penjualan

Fase penjualan akan membantu Anda membuat konten yang menghubungkan ke pelanggan Anda dan membimbing mereka melalui proses pembelian.

  • Attract

Tahap Attract, akan membantu Anda mengklarifikasi siapa pelanggan terbaik Anda. Identifikasi apa yang mereka butuhkan. Pahami bagaimana membangun hubungan dengan mereka.

  • WOW

Selama fase WOW, Anda akan belajar mengantisipasi kebutuhan pelanggan Anda, bekerja lebih banyak, dan memberi lebih dari yang Anda janjikan.

Di sini kita akan membahas secara mendalam 3 fase yang disebutkan di atas.

Fase Lifecycle Marketing untuk mengembangkan online shop

Strategi Lifecycle Marketing Untuk Mengembangkan Online Shop

  1. Penjualan

Konsumen memiliki akses ke lebih banyak informasi dari pada sebelumnya. Mereka akan melakukan riset sebelum memutuskan untuk membuat keputusan. Biasanya, perhatian mereka adalah harga dan nilai. Hasil penelitian dari North American Technographics® menunjukkan bahwa 82% konsumen mencari produk sebelum membelinya. Persepsi nilai permainan memainkan peran penting dalam keputusan pembelian. Pemilik usaha kecil tahu bahwa pengalaman konsumen dan interaksi dengan merek akan memengaruhi keputusan mereka untuk membeli (atau terus mencari). Seringkali, pengalaman ini dimulai sebelum konsumen menyadari mereka memiliki kebutuhan. Salah satu hal paling efektif yang dapat dilakukan pemilik usaha kecil adalah mengembangkan strategi promosi yang menjadikan produk atau layanan mereka pilihan yang jelas ketika pelanggan siap untuk membeli.

Ada 3 kunci dalam fase penjualan Edukasi, Offer, dan Close. Pelanggan akan termotivasi untuk membeli jika mereka memberi perhatian khusus pada merek Anda. Cara terbaik untuk mendapatkan perhatian mereka adalah melalui interaksi yang luar biasa dan pendidikan yang berharga. Untuk mendidik, Anda harus memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan Anda. Ini telah dijelaskan dalam fase tarik-menarik. Saat Anda membuat kebijakan konten, tentukan bagaimana produk atau layanan Anda bekerja berdasarkan pada basis data pelanggan target. Mungkin kebutuhan psikologis atau realisasi diri.  Kemudian, buat konten di situs web, blog, jejaring sosial atau platform komunikasi lainnya untuk memenuhi kebutuhan mereka.

  1. Attract

Katakanlah sebagian besar pelanggan tidak secara aktif mencari nama perusahaan Anda. Mereka mungkin mencari solusi yang memenuhi kebutuhan khusus mereka dan menemukan Anda secara tidak sengaja. Atau karena Anda memiliki strategi hebat yang menarik pengunjung baru ke situs. Ada 3 kunci dalam fase Attract yaitu target, menarik minat, dan kumpulkan prospek. Ketahui target pasar Anda, Sebagai seorang pengusaha, Anda harus memiliki impian besar. Anda ingin dunia mengetahui produk dan layanan yang Anda berikan. Terutama bagi orang yang punya uang untuk dibelanjakan. Seringkali, Anda merasa bahwa Anda benar-benar ingin sukses.

Kemudian Anda menghabiskan banyak uang untuk mendapatkan perhatian dunia untuk mengetahui produk dan layanan Anda. Bahkan jika Anda harus mengerti bahwa Anda menghabiskan terlalu banyak uang tanpa menambah pelanggan baru. Mencoba menjangkau semua orang dengan produk atau layanan tidak hanya tidak efisien, tetapi juga sangat mahal. Tidak ada yang bisa menargetkan semua orang. Itulah mengapa penting untuk menentukan target audiens Anda dan fokus pada pasar yang lebih mungkin untuk membeli daripada pasar lain. Anda dapat dengan jelas menentukan target pasar dengan berkonsultasi dengan basis pelanggan Anda saat ini. Mengevaluasi mengapa mereka membeli dari Anda dan mengelompokkannya sesuai dengan minat yang sama.

  1. WOW

Dalam lingkungan ekonomi yang sangat kompetitif seperti saat ini, upaya tambahan diperlukan untuk membedakan perusahaan Anda dari sektor serupa lainnya. Jika Anda ingin mengembangkan merek Anda, penting untuk membedakan produk atau layanan berdasarkan nilai, bukan harga. Dengan menyenangkan pelanggan Anda setiap kali Anda berinteraksi dengan mereka, mereka akan tetap berhubungan dengan bisnis Anda. Tidak hanya itu, pelanggan dapat merujuk ke teman-teman mereka.

Ada 3 kunci dalam fase wow yaitu pengiriman, lebih banyak penawaran dan  dapatkan referensi. Yang memukau pelanggan Anda adalah menawarkan lebih dari apa yang Anda janjikan dan menciptakan pengalaman yang menyenangkan. Meskipun kedengarannya sederhana, pekerjaan sehari-hari yang sibuk sering mengabaikan kepuasan pelanggan. Untuk mengesankan pelanggan Anda, pastikan layanan purna jual Anda menyediakan produk atau layanan pada waktu yang tepat. Kemudian melampaui harapan mereka dengan menambahkan nilai yang akan memberi Anda lebih banyak kekuatan.

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *